Sabtu, 14 Februari 2009

KESAKSIAN MANTAN ANTI CHRIST

Dari :Savanna


I. PENDAHULUAN

Kiranya pada semua saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Jesus,berjaga-jagalah supaya terhindar dari keadaan manusia dalam masa-masa sukar,dimana *secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya (2 Timotius 3:5).Supaya saudara-saudara tidak terjerat ajaran-ajaran sesat sebagaimana ajaran nabi-nabi palsu dahulu tampil di muka umat Allah.*Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan,bahkan akan menyangkal Penguasa (Allah) yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka (2 Petrus 2:1).*…supaya jangan ada diantara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa (Ibrani 3:13).

Sebab apa yang akan saya sampaikan kepada saudara-saudara adalah nyata benar adanya,yang telah saya alami,jauh sebelum saya mengenal dan dekat dengan Dia (Allah) yang berkuasa atas segala-galanya di muka bumi,baik di masa lampau,kini maupun di masa yang akan datang.Dan kesaksian ini pun ternyata telah ada tertuang di dalam Alkitab WAHYU,sehingga semakin yakin,kuat dan percayalah keteguhan hati saya untuk tetap bertahan di jalan-Nya,sebab telah begitu banyak berkat,hikmat dan mukjizat yang telah saya terima dari-Nya.Dan saya sengaja menyampaikan kesaksian ini,supaya saudara-saudara yang percaya atas kuasa-Nya pun menjadi saksi bahwa apa yang menjadi Firman-Nya benar-benar terjadi dan digenapi oleh-Nya.Amien.

II. ANAK ALLAH YANG HILANG

• Awal tahun 2000,usia saya saat itu 18 tahun,saya mengambil sekolah modellinc di daerah Pasir kaliki-Bandung sebelum akhirnya saya masuk di sebuah perguruan tinggi lokal di sebuah derah jurusan FISIP (Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik) ,meski pada perjalanannya saya hanya mampu sampai dengan semester 5 saja,mengingat keterbatasan dana yang saya miliki saat itu.Lama hidup di Bandung,oleh teman saya dikenalkan dengan komunitas musik super metal (underground) di derah ruko Palaguna Plaza Bandung.Awalnya saya agak kurang suka,penampilan mereka seram,pakaian yang dikenakan (kaos/celana panjang) serba hitam,gambar-ganbar baik kaos maupun poster atau cover kaset dan CD pun bergambar horror/mystical horror,musiknya pun aneh untuk didengar umum,cenderung super berisik,kata-kata dan artikulasi (pengucapannya)tidak jelas,tapi rupanya komunitas ini mampu mencerna dan menikmati musik “freak” ini dengan baik.Lama-kelamaan aku pun terbiasa,bahkan aku mulai turut serta latihan sebagai vokalis band.Sekolah modellinc-ku hanya satu tahun,sepulangnya dari bandung aku mencari komunitas itu di kotaku,Tegal,dan ternyata mereka sering berkumpul setiap sabtu malam minggu di daerah pertigaan Gili tugel.Komunitas ini lebih sederhana dalam tampilan,maklum mereka berasal dari kalangan anak ekonomoni menengah ke bawah,beda dengan di Bandung,rata-rata anggotanya adalah anak orang kaya dan penampilannya berkelas,tapi tetap saja membawa gambar dan unsur horornya.

• Aku mulai membentuk band underground-ku sendiri,ternyata penampilanku mampu diterima sangat baik oleh komunitasku ini,tawaran manggung dari kota ke kota kadang membuat jadwal kuliahku berantakan,tapi aku sudah mulai kerasukan dengan popularitasku sebagai mentor band.Kota-kota di jawa barat-jawa tengah,sampai ke Bali dan Sumatera.Aku pun mendapat support dari band-band besar sebelumku yang bisa dikatakan band pentolan underground yang jam tayangnya sampai ke luar negeri.

• Suatu saat di tahun 2001,aku main ke rumah seorang kawanku di daerah Dinoyo-Malang-Jawa timur,oleh para personelnya aku di beri sebuah buku (copy-an) yang ternyata buku itu adalah THE SATANIC BIBLE,di dalamnya berisi tentang ajaran,doa-doa,simbol-simbol dan nama-nama sesat (58 nama dari penguasa kegelapan dan penguasa neraka) dari para penganut gereja setan,tata cara ritual persembahan,dan dogma-dogma yang menyatakan bahwa ajarannya adalah anti christ,dan aku dilarang membaca/memahami isinya jika dirasa aku belum bisa mengendalikan diri untuk menyimpan rahasia yang akan didapati dari buku itu.Mereka juga bilang,aku harus siap mental misalkan ada suatu penglihatan-penglihatan yang datang setelah aku melakukan apa yang ada dalam buku,dan jika memang aku yang telah dipilih oleh dia-(SAMHAIN/SET) maka tanpa harus bertanya dia sendiri yang akan menuntun aku dengan kekuatannya.Meskipun tidak semua band underground ini menjadi penganut ajaran Satanist,tetapi mayoritas anggotanya dipengaruhi dengan aktivitas para pemuja Satanism ini.

• Dalam THE SATANIC BIBLE itu,berisi tentang para pencetus ajaran sesat,diantaranya;

- Madam La’ VOISIN (Chaterine Dhesayes)dari Perancis tahun 1666,dia yang pertama kalinya bisa membuka gerbang dunia arwah,dengan kemampuan metafisik dan sihirnya juga keahliannya dalam bidang kimia.Dia yang menciptakan azimat-azimat dan mantra-mantra untuk berkomunikasi dengan dunia arwah.Maka oleh para penganut ajaran sesat dan sekte-sekte sesat manapun mengkeramatkan tahun 1666 sebagai angka keramat,yang sering dikenal dengan symbol angka setan 666.

- ALEYSTER CROWLEY pertengahan abad 17,penganut ilmu sihir dan metafisik dari bangsa Karbala di daerah timur tengah,pendiri sekte pemuja setan Ordo Templis Orientis (O.T.O) yang mengajarkan cara hidup kekal,ajaran ritual-ritual darah (korban manusia,biasanya bayi usia 3-6 bulan),hukum-hukum sekte dam mulai membentuk suatu komunitas/sekte dengan rutinitas kegiatan sesatnya.Aleyster Crowley dikenal sebagai pencetus simbol dan teka-teki Hexagram (bidang segi delapan),Hexagram ini ternyata adalah arsitektur bangunan dari penjara Bassille dan menara kerajaan Versailles di Perancis.

- ANTON SZANDOR La Vey,pertengahan abad 18 berkembang di wilayah Amerika,pengarang buku THE SATANIC BIBLE dan pengembang ajaran sesat yang lebih modern dan lebih bengis daripada para pendahulunya,ajarannya lebih mengarah pada ajaran yang menentang ajaran Kristen,menolak ketuhanan,dan menjadi komunitas extreme dengan style hidup yang bohemian.Pergerakannya terselubung,anggota yang sudah dimeterai tidak lagi bisa lepas dari komunitas,kecuali dalam keadaan mati.Yang membangkang/tidak sejalan dengan pemimpin dan aturan sekte,menjadi bulan-bulanan dan ujung-ujungnya berakhir di meja pengorbanan.
-Ada juga sekte-sekte lain yang merupakan sempalan dari ajaran Anton Szandor,tetapi jumlahnya tidak banyak.Sebut saja sekte Khulku klan,dll.Bahkan disinyalir sebagian besar pemimpin Negara Adikuasa (Amerika) termasuk pesulap/ilusioner David Cooperfield adalah penganut sekte sesat.

-Sistem perekrutanya sama dengan para pendeta atau pastor-pastor,yaitu masuk langsung dalam dinamika sosial masyarakat,misalkan musik,outomotif,art,dll.

• Penampilanku banyak berubah,dalam aksi panggungku pun sekarang wajib dipertontonkan aksi ritual darah- ritual meminum darah dari kelinci/ayam dari keadaan hidup-hidup,dan gila-nya,popularitas band-ku memuncak menuju atas,bahkan mendapat sambutan dari kawan Negara lain,dari Italia,Norwegia dan Singapura.

• Kehidupanku pun mulai berubah,badanku kurus kering,aku jarang menyentuh makanan manusia normal,jika tidak lapar betul,aku jarang menyentuh nasi,tiap minggu sekali,aku seperti kecanduan dengan rasa darah.Kadang aku jarang keluar di siang hari,kelopak mata bawah dan kulitku akan memerah dan terasa terbakar,jika aku terpaksa harus keluar pun harus dengan jaket/baju panjang yang mampu menutupi kulitku,bisa dikatakan aku menjadi manusia setengah vampire saat itu.pergaulanku dengan teman-teman,kampus,lingkungan dan keluarga menjadi renggang,terutama dengan keluarga,meski orang tuaku tidak begitu keras menentang perubahanku itu,tetap saja aku menjadi jauh dengan mereka,sebab,seluruh kegiatanku dirahasiakan dari kehidupan normal.
Hampir 80% isi dari THE SATANIC BIBLE itu telah aku pelajari dan aku jalankan,banyak penampakan-penampakan tentang berbagai hal,misalkan,aku (di bawah kesadaran) bisa mengatakan salah satu rekanku akan mengalami kecelakaan sesaat begitu keluar dari gedung pertunjukan,atau mampu mengatasi penonton yang kesurupan saat berlangsungnya acara,diperlihatkan rupa/wujud dari sebagian nama penguasa kegelapan tersebut (Gog,Magog,Baphomet,Belial,Banshees,Marduk,9 orang Nazgul,dll).Dari kuasa gelap itu pun aku diberi semacam kuasa “si pahit lidah”,apa yang menjadi sumpah serapah atau apa yang menjadi ucapanku akan terjadi tak berapa lama setelah kata-kata hujat itu keluar dari mulutku.Aku juga telah berbagi THE SATANIC BIBLE itu dengan (kurang lebih) 45 orang di wilayah Jawa dan Bali.

III.PENGLIHATAN TENTANG SIMBOL-SIMBOL DAN NAMA-NAMA YANG DIPERDENGARKAN

Inilah beberapa symbol-simbol yang mampu aku ingat dari 9 tahta Nazgul :
1. Baalam
2. azazel
3. astaroth
4. astarte
5. baphometh
6. chemosh
7. asmodeus
8. belial
9. Lucifer
10.Leviathan,dll.

Nazgul :adalah 9 roh panglima perang dan tangan kanan iblis yang semasa hidupnya adalah para raja-raja besar menghamba pada keserakahan dan mengabdi pada iblis,ketika matinya pun roh-roh mereka tetap menjadi milik ilblis sampai nanti datangnya masa kedatangan hari peradilan atas segala bangsa-bangsa yang hidup di muka bumi.

Lucifer :the source,sang sumber,sang maha tinggi,sang pengawas,simbolnya mata satu tidak berkelopak mata,pupil/biji matanya oval vertical,tidak bulat seperti manusia.

Banshees :wanita dengan wajah pucat,jika marah,wajahnya berubah menjadi keriput,menyeringai dengan taring dan suara pekikan dan teriakkan yang memekakan telinga.

Baphometh :makhluk berbadan manusia berkepala kambing/domba,tangan kanannya mengacungkan 4 (empat) jarinya ke arah atas,sImbol ia mengagungkan tuan-tuannya- roh-roh jahat bangsa Babel (Wahyu 19:4),sedangkan tangan kirinya mengacungkan 3 (tiga) jarinya sebagai symbol dia merendahkan bahkan menolak ajaran TRINITAS Kristen (Bapa,Putra dan Roh Kudus).

Gog dan Magog :manusia dengan 2 (dua) sayap burung nazar,tungkai tulang belakang (berutu;bahasa jawanya) agak sedikit panjang menonjol mirip ekor,kedua telinganya juga jari-jemarinya termasuk kuku-kukunya (kaki dan tangannya) memanjang,bentuk mukanya mirip naga dengan dagu yang memanjang runcing,kepalanya bertanduk seperti cula.

(?) :manusia dengan wujud setengah katak,setengahnya lagi seperti kadal,dengan ekor yang panjang,matanya besar menonjol,wajahnya pucat keriput (mirip anak kecil kurang gizi),lidahnya berdesis dan bercabang seperti ular,kulit tubuhnya bersisik seperti ikan.

The Pentagram :symbol bintang segi lima terbalik,dengan tanda salib terbalik di tengah bintang itu,ada lambang kepala kambing/domba di tengah-tengah salib terbalik itu.

Sebenarnya masih banyak lagi,tetapi ini juga sudah mewakili beberapa dari itu.Kesesatan itu ternyata juga mampu membuat kuasa,tanda-tanda dan mukjizat,tentunya dengan maksud yang bertujuan menyesatkan juga pada akhirnya.

IV.PENGLIHATAN TERAKHIR

Simaklah baik-baik saudara,apa yang akan kusampaikan ini adalah benar adanya,Dalam nama Yesus aku bersaksi akan penglihatan terakhirku melalui mimpi di malam-malam terakhir menjelang aku menjadi seorang Kristiani:

• Maka sekonyong-konyong saja ada 2 (dua) makhluk muncul di depanku,dialah yang kukenal sebagai Gog dan Magog,tangan kanan iblis.Mereka berusaha keluar dari lidah api yang berkobar-kobar.Langkah mereka berderik dan mulutnya mengeluarkan bunyi lengkingan yang memekakkan telinga,keduanya mengambil arah kepergiannya masing-masing.Lalu aku dengar suara yang menggelegar,nadanya seperti perintah keras,menyebut nama enteh nama manusia atau kota atau apalah aku tak tahu pastinya,dua nama itu yaitu KIRKENAS dan NORTH FOLK.

• Tiba-tiba aku berada di suatu padang yang dingin,gersang,dengan pohon-pohon yang tandus,anginnya begitu kencang,tak ada tanda-tanda kehidupan di situ,kengerian merayap perlahan,timbul pertanyaan dalam hati,tempat apakah ini?apakah ini dunia orang-orang mati?.Tak ada jawaban,tubuhku tiba-tiba seperti dilemparkan dengan keras,rasa sakitnya benar-benar nyata terasa sampai aku terjaga masih terasa.Kali ini aku seperti berada di tempat yang begitu ramai dengan hiruk pikuk,tawa dan perta pora,bau minuman anggur dan tuak dimana-mana,bau anyir/amis tercium,padahal manusia-manusia yang tampak adalah manusia dengan kemewahan,sepertinya mereka orang-orang dengan tingkat kehidupan berkelas,tawa yang ku dengar itu nadanya penuh kelicikan dan beberapa diantaranya adalah tawa kebencian.sementara di luar tempat itu,di jalanan- banyak yang menjadi gelandangan,kelaparan beberapa diantaranya menjadi bangkai yang mulai membusuk dan mulai mengeluarkan bau tak sedap,bangkai itu didiamkan saja dilewati dan dilangkahi oleh lalu lalangnya manusia lain,tak tampak kepedulian dari mereka,tanganku berniat menjamah dan menjangkau mereka,tetapi sepertinya tubuhku tidak teraba olehnya,sepertinya ragaku tembus pandang,meski mereka nyata didepanku.

• Lalu sedikit matahari merah muncul dengan tiba-tiba,semua manusia-manusia itu berlarian,juga entah darimana datangnya muncul makhluk-makhluk aneh,juga berkeliaran dan berlarian,mereka begitu kacau balau mencari tempat perlindungan dan persembunyian,akan tetapi sesuatu kekuatan mengumpulkan mereka sesuai dengan kelompok-kelompoknya semula,tak ada satupun yang luput ataupun terlewatkan,bahkan mereka yabg berada di tempat yang tersembunyi.Dari langit yang merah itu,sekelompok manusia bersayap dengan wajah tersembunyi,memakai jubah putih,serba gemerlapan dan penuh cahaya terang yang mendamaikan mata dan jiwa (mungkin itulah malaikat Allah),meniupkan terompetnya.seketika itu bumi seperti bergetar,getarannya begitu dahsyat sampai-sampai ciut nyali-ku dibuatnya.Aku pun gemetaran,tulang-tulangku serasa lepas dari ragaku,gigiku gemeretak,ketakutan yang sangat begitu menjadikan aku merasa akan hancur.Mataku terpejam rapat-rapat,dalam ketakutanku ini aku tahu,inilah penglihatanku tentang HARI AKHIR (KIAMAT).sekuat tenaga aku berteriak,tapi suaraku kalah dengan suara yang bergemuruh dengan dahsyatnya,aku pasrah,aku begitu ingin segera tersadar dan keluar dari mimpi yang menakutkan ini,tapi seperti ada kekuatan yang menahan,dan aku tak tahu bagaimana caranya bisa keluar dari semua ini.

• Aku biarkan hatiku yang bicara dan memohon,setelah lelah ragaku memohon.”Siapapun Engkau yang memberikanku pertanda ini,entah apa maksud kesemuanya ini,aku tahu Engakau yang telah berkuasa atasku,Engkau yang akan ada ketika awal dan akhir dari semua ini terjadi,yang akan menjemputku juga mereka yang disana itu-.tolonglah aku,bersegeralah,sebab aku takut akan kebinasaan ini,aku bersedia menjadi hamba-Mu dan kupercayakan hidupku kepada-Mu.Jika memang itu yang menjadi kemauan-Mu,tampakkanlah wujud-Mu,supaya aku mengenal-Mu dengan sedekat dan sebaik mungkin”.

• Segera saja setelah aku selesai bicara,ada tangan terjuntai,tangan yang tak kukenal siapa Dia,tangan itu begitu halus,lembut,tangan yang hangat,meraih aku,membawaku mendekat dalam dekapan-Nya,saat itu terasa ada kedamaian dan rasa nyaman yang hangat,rasa yang seolah-olah telah aku rindukan dan ku nantikan begitu lamanya.Saat ku coba menengadahkan pandangan ke arah wajah-Nya,mataku begitu silau,sebab ada terang yang begitu besar seolah memancar dari tubuh-Nya,hanya bayangannya yang terlihat samar-samar.Meski Dia tidak berucap,tetapi aku merasa Dia berbicara dengan hatiku,”pulanglah,bawalah damai yang Ku berikan ini dalam jiwa dan hidupmu,ingatlah dan kenalilah Aku sebaik-baiknya,bukan dengan inderamu,tetapi dengan hatimu!”.Aku seperti diingatkan akan kesalahan dan dosa-dosaku,aku menangis sejadi-jadinya,bahkan sampai tak terasa tanganku mengepal dan menepuk-tepuk dadaku,aku menangis sampai aku tersungkur,lalu suara itu terdengar lagi,”Jangan ratapi segala yang telah terjadi,janganlah kau berikan dirimu dalan masa-masa yang sukar untuk-Ku melihat engkau,ambilah kekuatan untuk bangkit,sebab Aku pun demikian sebelum engkau,akan tetapi Aku bukan jatuh oleh dosa-dosaku seperti kamu sekalian,melainkan kejatuhanku karena kehendak yang harus digenapi,dan Aku bangkit untuk menjadikanmu sekalian diberkati terutama bagi mereka yang percaya akan kedatangan-Ku”, Dan aku pun terjaga dari mimpi yang panjang itu.

• Setelah itu.aku hanya berani bercerita dengan kawanku sesama pemain musik underground,hanya saja dia tidak mengikuti ajaran sesatku,dia seorang Katholik.Kemudian aku dikenalkan dengan saudaranya yang juga Katholik,kebetulan saat itu 1 (satu) minggu menjelang natal tahun 2003 di Jakarta.Aku pertama kali masuk gereja,rumah Allah,ketika aku masuk kedalamnya,aku merasa ada panggilan dan perasaan yang sama yang ku kenal,perasaan damai seperti dalam mimpiku. Di Tegal tahun 2008 aku pun mendatangi temanku ketika sekolah SMU dulu,dia juga seorang Katholik,bersama dia dan keluarganya aku pun mulai rajin mengikuti misa kebaktian di gereja.Perlahan-lahan aku mulai bisa melepaskan diri dari cengkeraman dunia kesesatan,meskipun pada awalnya tidaklah mudah menghadapi terror dan gangguan yang datang padaku.

• Sekarang setelah mengalami perjalanan keimanan sebagai orang Katholik ,ternyata apa yang aku alami hanya semacam retorika saja,tidak ada perkembangan yang dahsyat bagi jiwaku,sementaran aku perlu lebih dari sekedar rasa percaya,lebih dari sekedar hafalan doa-doa.Dengan bantuan teman yang baik,ibu Puji Lestari,dia mengajak aku turut hadir dalam ibadah jemaat di gereja Mahanaim,kebetulan saat itu bertepatan dengan ibadah raya,dan isi serta cara penyampaian firmannya begitu sesuai,tepat seperti yang aku butuhkan,maka sejak saat itu,bulan Agustus 2008 aku mengikuti perayaan ibadah di gereja Mahanaim ini,semoga saja kehadiranku diterima dengan baik,meski setelah diketahui bahwa aku pernah melakukan dosa besar,dan aku harap saudara-saudara,baik jemaat,pengurus,gembala-gembala maupun bapak pendeta berkenan bersamaam membantu saya menjadi pribadi yang sesuai dengan iman Kristen,Amen.


V.PENUTUP

Demikianlah saudara-saudara,kesaksian dari perjalanan hidup jauh sebelum aku mengenal Allah dan mengenal firman-Nya dalam Alkitab.Maka dari itu saudara-saudara,*janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! (2 Tesalonika 2:3),sebab *orang yang mengatakan sesuatu yang melawan Anak Manusia (Allah-mu,dengan kesesatan),ia akan diampuni;tetapi siapa saja yang menghujat Roh Kudus,ia tidak akan diampuni(Lukas 12:10).

Biarkan diri kita datang dalam pertobatan untuk mendapat keselamatan dari-Nya,sebab *akan ada suka cita di surga karena 1 (satu) orang berdosa yang bertobat,lebih dari suka cita karena 99 (sembilan puluh sembilan) orang benar yang tidak memerlukan pertobatan (Lukas 15:7).Sebab Allah Bapamu Maha Pengampun,Ia berikan anak-Nya terkasih untuk menjamah,mengurapi dan memberikan keselamatan pada mereka yang percaya pada-Nya pada manusia ditengah-tengah kehidupan yang penuh kebengisan,kekejian dan kenajisan (rohani),*karena Anak Manusia datang untuk menyelamatkan yang hilang (Lukas 18:11),*sebab Bapa yang di sorga tidak menghendaki seorangpun dari anak-anak Nya hilang (Lukas 18:14),*sebab Allah dari mulanya telah memilih kita untuk diselamatkan dalam Roh yang mengkuduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai (2 Tesalonika 2:13).

Marilah saudara-saudaraku,kita hendaknya saling menguatkan,sebab keselamatan Yesus bukan milik pribadi,tapi untuk semua yang berlindung dan percaya pada-Nya,jadilah yang terkecil bukan untuk dikalahkan,tetapi untuk menjadi pemenang di dalam sesuatu yang begitu besar,yaitu KESELAMATAN DI BUMI DAN KESELAMATAN DI SURGA,supaya kita semua memperoleh tempat yang layak dan dapat mengikuti perjamuan besar di dalam Firdaus bersama-sama dengan Dia.Amien.




Tegal 31 Desember 2009

10 komentar:

  1. What a good and glorious Jesus. Jesus bless you abundantly :)

    BalasHapus
  2. Tuhan yesus baik, sungguh teramat baik o:-)

    BalasHapus
  3. kasihan pengikut Nabi Isa A.S , gara2 rabi2 Yahudi, ajaran Nabi Isa di slewengkan. sesat nya sampe kiamat pula.. #mirisss

    BalasHapus
  4. kisah yang sangat bagus

    Tuhan Berkati

    BalasHapus
  5. terimakasih siapapun kamu penulis ini meski saya umat beragama lain hati saya tersentuh... puji tuhan agar selalu ingat kepada yang kuasa...

    BalasHapus
  6. ada satu bagian dari mimpi anda yg saya sudah alami juga, waktu saya pergi ke dunia lain saya melihat desa yg mati, anginnya besar, tetapi tidak ada manusia. sama spt yg anda lihat. bagaimana keadaan anda sekarang? Tuhan Yeshua sebentar lagi menarik orang2 yg siap kepada Nya. saya harap anda sudah siap, sudah menjadi Terang dan sudah siap dengan Minyak (urapan, didapatkan dari melekat erat dgn pohon zaitun sehingga kebagian minyak, kebagian urapan). Berusaha menjadi Terang tanpa urapan adalah kebodohan. Yang dilakukan banyak orang. jangan jatuh di dalam pencobaan. bertahanlah. sebentar lagi kita pulang.

    BalasHapus
  7. Terimakasih untuk penulis yang telah membagikan konten yang sangat bermanfaat ini, untuk rekan umat kristiani dan untuk para pembaca lintas agama. Saya sebagai seorang muslim, ingin memberikan apresiasi apresiasi tinggi untuk ini. Kebetulan saya membaca ini karena habis nonton video kesaksian mantan jemaat gereja setan juga. Salah satu hal yang dia katakan ialah Teori Evolusi Charles Darwin itu ternyata ajaran setan.

    BalasHapus
  8. How to play baccarat - How to play baccarat - worrione
    Baccarat is one of the most popular and well 카지노사이트 played variants of gambling. In fact, it is one of the most popular variants of 바카라 baccarat. 인카지노 This version of baccarat is one of the most

    BalasHapus